Kamis, 08 November 2018

Candu


Senin, 15 Oktober 2018

Kutub


Senin, 03 September 2018

My amazing experience - part 1 (Kampung Inggris)


Annyeong ^^

Been long time since I wrote the last post, almost a month !

But I have very good excuses though. 

Well, karena gue punya banyak waktu luang semenjak resign, akhirnya otak gue menemukan ide untuk mengunjungi kampung Inggris Pare di Kediri Jawa Timur. Pucuk dicinta ulam pun tiba, sang baginda raja keuangan mengijinkan dan bersedia membiayai kursus selama sebulan dengan syarat daku harus membawa adek gue untuk turut serta belajar di Pare. Dengan senang hati gue dan adek berangkat ke Pare dan mengikuti kelas periode 25 Juli s/d 25 Agustus 2018. Oh yes, sebelum ke Pare, I did my research dan chatting-an dulu sama admin Line-nya Kampung Inggris, dia menyarankan untuk mengambil kursus di lembaga Global E sesuai kebutuhan gue, yaitu fokus ke speaking dan grammar. FYI, kelebihan Global E (we usually call it GE) adalah banyak varian program yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan juga jumlah kelas yang ingin diambil dalam satu hari, lamanya kursus juga bisa kita yang tentukan, minimal 2 minggu maksimal ada juga yang 4 bulan, untuk detailnya bisa kalian lihat di website ini. Untuk masalah harga, GE lumayan murah dan ada fasilitas camp juga. Buat kalian yang memang terbiasa mondok atau mesantren pasti gak kaget dengan program di camp, tapi untuk manusia lemah seperti gue pasti akan terasa nyiksa banget berada di camp yang ada program subuhnya (daku lemah,, program mulai jam 4.30). Belum lagi punishment kalau ada yang ketauan ngomong bahasa Indonesia selama tinggal di camp, duh bisa-bisa speech depan office ! But, dengan semua rules yang ada di camp, toh pada akhirnya pas mau beres kursus, rasanya hati kok cediiih ninggalain temen-temen yang berasa saudara senasip sepenanggungan 😭😭😭😭😭😭 Total sebulan tinggal di camp, sudah merasakan semua suka duka program camp, dan setelah pulang dari kursus, semua itu jadi ngangenin guys! Kangen ngeliatin cewe-cewe yang baru bangun tidur terlihat wajah asli nan kusut juga bau naga yang sayup-sayup tercium karena males gosok gigi dengan segala niat usahanya ngikutin program subuh. Program subuh apa aja ya ? Tergantung tutor, kegiatannya kadang ngapalin irreguar verb, atau bikin percakapan, atau senam, atau bikin kalimat yang sambung menyambung menjadi sebuah cerita, macem-macem deh. Kalau program malam? Nah ini nih, program malam tiap hari temanya beda-beda, kadang seru abis, kadang deg-degan biasanya kalau udah dateline speech ini deg-degannya aduhai pengen kost aja gak pengen camp! But dont worry, program camp cuma dari senin s/d jumat, dan jumat kita kerja bakti beresin dan bersiin camp, nyapu, ngepel, bersiin wc, bersiin dapur, beresin sepatu, parkirin sepeda, macem-macem deh, dan buat kalian anak mami yang ga biasa kerja pasti hari pertama ngeluh deh, gue harap kalian dapet kesempatan untuk bersiin WC! HAHAHAHAHA  😈😈 evil mood.

Tips 1. Sebelum berangkat ke Kampung Inggris, make sure kalian sudah ngumpulin informasi tempat les kalian seperti, transportasi ke tempat les, tanggal kedatangan sebelum atau paling lambat tanggal 10 atau 25 setiap bulan. Ada ratusan tempat kursus di kampung Inggris, jadi pastikan kamu  memilih yang paling sesuai kebutuhanmu, bisa konsultasi dengan admin kampung Inggris via LINE atau langsung ke admin tempat kursusnya. Buat yang belum pernah ke kampung Inggris, mendingan pilih tempat kursus yang ada campnya, kost banyak tapi kadang penuh, repot nyari kost apalagi kedatanganmu malam hari.

Lanjut ya ceritanya. Tanggal 24 gue dan adek off ke Pare dan mendarat di Surabaya yang vanass ternyata ya, FYI lagi, jangan khawatir tentang transport ke kampung Inggris, karena pengelola tempat kursus juga menyediakan travel jemput dari bandara ke lokasi kursus, biayanya sekali jalan adalah Rp. 120.000 (harga di bulan Juli 2018). Kondisi mobil berbeda-beda ya, sukur kalau dapet yang bagus dan ada Ac, sabar aja kalau dapat mobil yang lumayan jadul kayak yang saya dapet, modal AC atau Angin Cepoi-Cepoi, yang penting drivernya baik dan gak ugal-ugalan. Perkiraan gue dari SBY ke Pare ga seperti yang dibayangin, kita nyampe pas malem walaupun sudah lewat jalan Tol. Sampai di Pare, driver drop off penumpangnya ke lembaga yang dituju. Sampai di Pare setelah adzan magrib, langsung daftar ulang ke office dan placement test. Karena daku telat dateng, jadi ga bisa ikut placement test program writing, toefl, listening, dan beberapa program lainnya. Alhasil gue ambil program Speaking (level 2), Vocabulary (level 2) dan Grammar (level 1). Sebenernya grammar gue ga ancur-ancur amat sih, tapi karena  placement test grammar udah beres, jadi gue harus mulai dari level 1. Ohya, semua program tersebut saran dari tutor yang ngetes kemampuan bahasa Inggris kita. Tutor di GE masih muda-muda Tjuy, selisih umur sama gue bisa 4 sd 6 tahunan, asli gue udah kaya emak-emak kalo inget umur. Eits! Jangan minder bosku, banyak kok murid kampung Inggris yang udah senior, mereka dateng dengan semangat tinggi untuk menuntut ilmu! Salut banget lho sama mereka! Malah ada yang usianya udah kaya bokap tapi masih antusias belajar dan merhatiin anak pitik yang jadi tutornya. Dan gue lebih respect sama senior yang dateng ke kampung Inggris dan ninggalin keluarga dan kerjaan mereka daripada segerombolan anak yang dateng ke Pare untuk cari patjar (BTW tentang jodoh, duh gue gemes bangeettt, anak-anak krucil tingkat SMA banyak yang nasehatin gue, mba cepet kawin deh, mba nikah dong, mba kok udah tua belum nikah, mba calonnya cepet suruh lamar, mba nikah sih ngapain lama-lama, helooow ini hidup gue please don't judge ! ) Well, bukan salah mereka, salah gua kenapa hidup di Indonesia, dengan kebudayaan yang skeptis tentang wanita usia 28 dan belum menikah! Yah salah gue, salah gue, salah gue... Nangis dipojokan sambil ngais emas.

Perhatian, bahasa Inggris campur sari saya bukan karena didikan GE tapi memang terlalu excited aja pake bahasa Inggris, maklum satu bulan di camp sudah pinter nerjemahin macem-macem πŸ˜‚
Nah kan kalo cerita tuh jadi kemana-mana curhatnya, next lanjut lagi balik ke topik awal! Kampung Inggris Pare Ris, bukan curhat tentang jodoh !!! 😫😠😠😠😠 Try to Focus !!!

Udah tuh kan placemet test, digiringlah kami ke camp. Gue dapet camp Danis 1. Pertama  ini camp tu toko roti, tapi dibelakangnya banyak kamar-kamar, jumlahnya ada 22 kamar. Satu kamar maksimal 3 orang dengan 1 lemari dan 1 tempat tidur. Kamar mandi terpisah dan ada dapur untuk dipakai sama-sama. Gue gak bisa 1 kamar sama adek gue karena posisi kamar udah diisi 2 orang. Kondisi camp beda-beda ya, ada yang besar banget bisa sampai 8 orang, ada yang sedang untuk 4 orang dan yang kecil untuk 3 orang. Kondisi camp gue nyaman kok, bersih dan ada kipas anginnya. Minusnya cuma banyak cerita horor hahaha dan juga wifi yang ga bisa diandelin! Solusinya kita kadang nongkrong ditangga, karena konon katanya ditangga ada sinyalnya.

Camp Danis 1
What else you supposed to know??? 
Apa lagi kalo bukan MAKANAN.
ASLI!! DISINI HARGA MAKANAN MURAH MERIAH SAAAAYYY.
Kamu bisa makan ayam geprek plus es jeruk cuma 10 rebu ajaa, udah kenyang. Kalo mau hemat lagi, bawa minum sendiri, jadi cuma datang untuk makan. Variasi makanan gak jauh-jauh dari ayam dan jamur tapi tetep mie instan yang paling T.O.P B.G.T. Jajanan sepanjang jalan ngga putus-putus, mulai dari sempol, tansu, es buah, jamur krispi, seblak, rujak, donat, batagor, nasi pecel, semua ada! Sebulan di Pare bisa nambah berat badanmu. Trust me! Tempat gue biasa makan itu adalah 3 Rasya, Bakoel, Soto Lamongan, Mie Ayam Solo, Sigma, Nasi Telor Pontianak, Bakso Jomblo, Kantin KDR, banyak deh lupa gue. Di Pare ngga ada Alfa dan Indomaret, ada sih tapi jauh, tapi banyak MM lokal yang nyediain bermacam kebutuhan mulai dari sempak, masker, sendal jepit, makanan, minuman, alat tulis sampe baju juga ada, yang gak dijual itu jodoh makWTH. Info lagi nih, di Pare nggak ada atm BCA. Yang subur itu BNI, BRI cuma satu dua, Mandiri lumayan ada. 
Tenang aja, yang mau masak-masak juga bisa karena di camp ada dapur bersama. Kamu bisa masak mie setiap hari. HAHAHA πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

murah guys
Bakoel, enak tumis jamurnya guys!
FYI Info penting banget nih!!!! Di Pare kalian gak akan nemuin sinyal 4G sekenceng biasanya, disana tuh entah kenapa semua jaringan / koneksi jadi slow melow galaw gitu! Selama sebulan disana gue rubah settingan dari 4G ke 3G dan keseringan dapet H+ doang ! Even TELK*MSEL juga dong ikut-ikutan melankolis. Problem banget kalo mau streaming, sinyal m
pot-mpotan. Ngirim WA aja susah bukan main, pokonya disana stop deh untuk telepon streaming atau video call, dijamin bikin badmood. Apalagi kalu pacar kalian gak sabaran nunggu kabar dari kalian, duh bisa jadi huru hara penyebab kandas hubungan deh πŸ˜…

Lanjut, di camp tugas selanjutnya adalah nungguin jadwal kelas dibagiin. Jadwal belajar biasanya di share di grup WA oleh tutor camp sehari sebelum kelas dimulai. Jadwal kelas paling pagi jam 07.00, 08.30, 10.30, 13.00, 14.30 sampai 16.00. Durasi setiap kelas selama 1,5 jam. Karena GE punyak banyak kelas, sehari sebelum belajar, tutor akan ngajak siswanya untuk ormed (orientasi medan). Suasana kelas normalnya di dalam ruangan, tapi beberapa kelas ada di luar ruangan. Di bawah pohon bambu nan rindang dan sayup-sayup bikin masuk angin dan ngantuk. Kelas di GE (atau mungkin seluruh lembaga di kampung inggris) nggak seperti di sekolah, bangkunya lesehan dan dingin cuy karena bawahnya keramik, buat yang ambeyen jangan lupa bawa bantal, kasihani bokongmu, aset masa depan. Udah gue mention diatas kalau kelas di GE lokasinya jauh-jauh alias gak beraturan, otomatis banyak yang nyasar dihari pertama belajar. Kealamin juga, gue nyasar 20 menit untuk balik ke camp, beruntung ketemu sama tutor yang test gue pas placement test dan dia ngasih tau arah jalan yang bener. Hahaha, hina banget dah nyasar. Tapi emang kan gue buta arah πŸ˜“

Tips 2. Setelah sampai camp, di hari pertama usahakan kalian nyewa sepeda untuk alat transportasi disana. Buat kalian yang ngga bisa pake sepeda, kasian deh lu. Hahaha πŸ˜ˆπŸ˜†. Canda say. Ya usahain deh belajar sepeda dulu, ribet lho jalan kaki. 

Cuaca panas berdebu, kelas yang jauh-jauh, repot kalo gak pake sepeda. Biaya rental sepeda untuk satu bulan dimulai dari Rp. 50.000 s/d 200.000 sesuai kondisi sepeda. Semakin bagus ya semakin mahal. Biaya ini juga udah sama garansi kalau ban kempes atau mau ganti sepeda juga boleh. Syarat nyewa sepeda adalah ninggalin KTP. Jadi deh KTP gue nginep dirumah si mbah rental sepeda selama sebulan. Saran gue sih buat kenyaman pantat dan kaki mending cari yang Rp. 100.000 perbulan, kenapa? karena gue nyobain yang Rp. 80.000/bulan hasilnya jelek banget. Ban jelek, tempat duduk keras, rem ga pakem, rante putus, dan macem-macem deh, sampe gue minta uang balik dan nyewa sepeda di tempat lain. Mending nambah Rp. 20.000 daripada pedal copot di tengah jalan.

salah satu bangunan kelas/Rusia

Contoh ruangan kelas Rusia

Kelas Bola


Halaman kelas Bola

Kelas di Cafe Pare Corner, gokil

FYI buat kalian angels yang gak mau nyuci juga ada laundry, murah kok sekilo cuma Rp. 3500 s/d Rp. 4500. Bisa diambil besoknya langsung. Bersih? Oh, HELL NO. Mending nyuci sendiri wkwk. Buat kalian yang gak mau camp juga bisa, banyak sekitar sini yang nyediain kostan. Biaya Rp. 250.000 sd 350.000 an bahkan lebih, tegantung fasilitas. Kost disini rata-rata nggak ada yang 1 kamar sendiri, biasanya berdua. Jadi kalo mau sendiri ya bayar full untuk 2 orang. 

Oke, untuk Post selanjutnya, bakal ngebahas tentang pengalaman belajar, classmate dari negara lain (ada lho bule belajar bahasa inggris), kekonyolan temen-temen di camp, dan Liburan ke BROMO !! Stay tuned ya.

See you on the next post πŸ™ŒπŸ™‹


me + my fat belly




Senin, 16 Juli 2018

Pengalaman Nonton Drakor Keal Me, Heal Me

Seriously, I am NOT a Korean Drama's fan. But, gara-gara sering baca timeline LINE TODAY yang menyediakan streaming berbagai macam drakor, gue jadi penasaran. Awalnya karena nggak ada kerjaan alias pengangguran dan kuota lagi melimpah. Perkenalan dengan drakor ini awalnya dari streaming FULL HOUSE, kebayangkan jadulnya. Gak peduli udah berapa sering gue nonton FULL HOUSE dan nonton di youtube, tetep aja ini drama paling the best selama hidup gue. Drama kedua yang membekas di ingatan gue dan juga favorite adalah MARS (drama Taiwan). Selain dua serial drama tersebut gue belum bener-bener nemu drama yang bisa bikin hati jatuh cinta. Lalu, ada drama yang direkomendasiin oleh LINE, beberapa memang hits seperti 'Goblin', terus................ (apalagi yah.. hmm banyak pokonya), tapi gue gak berani nonton yang udah terlalu hits, takut ketagihan dan nggak bisa move on, tambahan lagi ini cerita keliatannya absurd, ada unsur bukan manusianya, entah siluman atau apa deh gue nggak ngerti. Akhirnya buat buang kebosanan yang mengungkung hati, iseng gue nonton drakor yang judulnya 'She Was Pretty', awalnya di episode pertama gue tertarik dan menyelesaikan 1 episode dalam 2 hari, nontonnya cuma 10 menit terus lanjut makan, mandi, dan menyelamatkan dunia, baru lanjut nonton lagi. Setelah episode pertama yang cukup menarik, lanjut ke episode kedua, disini udah mulai males karena ternyata ceritanya si cowok gak mengenal temennya yang udah jadi itik buruk rupa. Mulai dari sini, gue skip untuk nanti dilanjut kapan-kapan.

Next, gue iseng juga ngikutin drakor yang judulnya KILL ME, HEAL ME. Tak disangka tak dinyana, langsung jatuh cinta klepek-klepek sama jalan ceritanya. Drama yang beda. Ceritanya memang lebih banyak romantis, nangis-nangis tapi gak lebay, oke lebay tapi masih dialur normal. Pengalaman gue nonton KMHM: taste ceritanya ringan, komedinya dapet banget, romantis sweet ala-ala tarik ulur manjha dan juga gak dipungkiri pemeran utamanya TOP BANGET ! Cerita tentang penderita D.I.D juga kerasa fresh, gak membosankan dan ini yang bikin gue betah nonton. Gue penasaran sama misteri dibalik pecahnya kepribadian menjadi 6 karakter. Seru abis deh, gak nyesel ngabisin kuota dan begadang demi namatin drakor KMHM.

Film KMHM nyaris tanpa gangguan. Dari cerita, semua pemerannya keren abis (salutttt dan jatuh hati sangat kepada Ji Sung yang sudah membuat 4 hari ku berwarna untuk namatin seriesnya KMHM dan demen banget sama bibir kamuu yang kissable pinkish merona gicuuuuu... gemeessshh), juga sama OST nya yang bikin suasana haru, sendu, romantis dan deg-degan parah. Bravo tingkat tinggi. Gimana gak bravo, udah 4x rewind ini drakor saking jatuh cinta dan belum move on ke movie lain. 

Untuk semua castnya KMHM, terima kasih sudah berperan sangat baik sekali dan maaf gak bisa hapal nama-namanya karena diriku ini sungguh sangat awam mengenai artis-artis korea, dengan ini mungkin jadi awal bakal nyari-nyari referensi drakor keren lainnya. Dan buat line today makasih banyak ya udah ngasih virus ke semua orang untuk nonton KMHM hahaha.

Last, buat kalian yang nyari review KMHM bisa baca disini atau disini karena gue hanya berbagi pengalaman setelah beres nonton KMHM. Semoga bisa jadi referensi buat kalian yang masih awam dan picky banget lantaran takut ketagihan nonton drama, apalagi newbie kaya gue yang baru melek dan kenal hal-hal berbau korea. 

Ketemu lagi di post selanjutnya.

Bye oppa :D

Btw, this is keprobadian terfavorite :D


Jumat, 06 Juli 2018

Perjalanan Mudik 2018 Tujuan Bima - part 1

Terpikir untuk mengabadikan kisah yang baru terulang dua puluh enam tahun kemudian. Sebuah cerita yang rasanya pantas untuk kubagikan, cerita yang mungkin akan kulakukan lagi di masa mendatang.

Cerita berikut diawali dari lebaran tahun ini. Lebaran yang berkesan. Awalnya ayah mengajak lebaran di kampung halamannya, Bima. Bagi siapa yang tidak tau dimana daerah Bima, wilayah Bima masuk ke provinsi Nusa Tenggara Barat, daerahnya ada di pulau Sumbawa. Sukunya bernama Mbojo. Oke lanjut ke cerita. Setelah perdebatan dan drama di dalam keluarga, akhirnya hanya aku, ayah dan adik bungsuku yang ikut ayah mudik. 

Dengan mobil dinas yang plat nomornya bergincu - yang tentunya surat ijin dari dinas / kantor ayah untuk membawa mobil tersebut menyebrang dari pulau Lombok ke tanah Bima sudah dikantongi - kami menyebrangi dan memulai perjalanan mudik. Sedikit aku informasikan, mengapa di awal aku menyebutkan dua puluh enam tahun adalah karena aku terakhir kali berkunjung ke Bima saat usiaku dua tahun. Kesempatan untuk mengunjungi kampung leluhur ayahku ternyata muncul di saat umurku yang ke dua puluh delapan tahun. Semua terasa baru, karena aku tak bisa mengingat apapun sejak dua puluh enam tahun kebelakang. Kecuali hal-hal kecil yang diwariskan foto masa kecilku.

Perjalanan kami mulai di jam 5 pagi selepas sahur dan solat subuh, ayah memacu mobil dari rumah kami yang terletak di Lombok Utara. Di perjalanan aku dan DD (nama adikku) baru mengetahui akan ada penumpang lain yang akan mudik dengan kami. Lalu kami menjemput salah satu kerabat yang menunggu di perpotongan jalan Udayana dan jalan Langko. Nama kerabat yang baru kukenal adalah om Yusuf, dia membawa serta anak perempuannya yang bernama Najwa. Setelah membawa serta kerabat dalam mobil yang mulai terasa sempit, ayah melanjutkan perjalanan kami menuju pelabuhan Kayangan di Lombok Timur. 

Dengan kecepatan diatas rata-rata dan keadaan jalan yang lengang, kami berhasil sampai di pelabuhan Kayangan jam delapan kurang. Pagi itu jumlah kendaraan yang mengantre untuk menyebrang sedikit, kami langsung naik ke kapal ferry setelah membayar karcis sebesar Rp. 475.000.- (kalau tidak salah ingat). 

Najwa (kiri), Aku (kanan) sedang menikmati teriknya matahari di atas kapal ferry
Penyebrangan kami tempuh selama kurang lebih dua jam. Sejujurnya dari kecil aku sangat menikmati berada di kapal laut. Pada umumnya orang akan merasa mual, pusing dan mabuk laut, tapi aku tidak pernah merasakan itu semua. Semakin kencang kapal itu berguncang, semakin asyik. Syarat agar tak mabuk laut diantaranya, kondisi badan fit dan tidak dalam keadaan lapar. Dua jam kuhabiskan sembari bercakap-cakap dengan Najwa dan om Yusuf. Percakapan yang memposisikan aku dan adikku sebagai narasumber dan om Yusuf adalah pewawancara, dengan topik bahasan yang membosankan dan memerahkan telinga. Yang unik dalam perjalan ini, Najwa tidak mabuk. Dia mengoceh dan bersikap tidak seperti anak umur 9 tahun. Kira-kira seperti ini.

Najwa (N) : Kakak punya Tik Tok ? (menyibakkan poninya yang tertiup angin)
Aku (A) dan DD (D) : ha?? Loh kok kamu tau tiktok ? (terheran-heran)
N : Punya dong. Sering saya buat video-video. (matanya mengerlip beberapa kali)
A : Emang Najwa punya HP ? 
N : Punya mamak.
A : Jangan main Tik tok lah, masih kecil. (sok menasehati)
N : Loh biarin aja, kan lucu, seru. Saya biasa sama kakak saya yang cewek kalo buat video. (kemudian dia menyanyikan lagu syantik yang lagi ngetrend lengkap dengan koreonya).

Aku dan DD menggelengkan kepala. Hening.

N : Kalian punya skusi ? (matanya mendelik)
D : Apa tu ?
N : Itu lho mainan! (dia gemas karena tidak ada yang mengerti)
D : Oooooooo squishy (lalu tertawa)
N : Iya, punyak gak ? (matanya membesar)
A : Ada. Banyak.
N : (lalu dia menjerit dan sedikit memohon). Masaaaa?!!! Mintaaaa buat saya, ih saya kepengen sekali punya squishy. (dia memegang lenganku dan menggoyang-goyangkannya)
A : Di Bandung, gak dibawa.
N : Dimana itu Bandung? Deket gak? (masih memegang lenganku)
D : Deket Najwa, sebelah Jakarta. 
N : Lah jauuuuuh sihhh, iih emang saya nggak tau Jakarta. (lalu dia ngambek).

Aku dan DD saling pandang dan tertawa. Tak peduli. Hening lagi.
N : Kalian ni tau Ria ricis ? (selidiknya)
D : Taulah
N : (Sekonyong-konyong...) Dia nge-sok ya! Sombong!!

Lah, ni bocah ngapa yak, batinku bertanya.

A : Emang kenapa, kok gitu? Gak boleh gitu. 
N : Iya dia buangin skusi ke laut.
A : (tidak tau sama sekali apa yang dibicarakan). Udah anak kecil jangan nonton itu, nonton kartun aja. 

DD dibangku ujung cekikikan sendirian.
Hening kembali menyapa. Najwa bete dan memilih tidur dipelukan ayahnya sampai ferry berlabuh pulau Sumbawa.


…………….. (part1)

Dua Satu Hari

Mataram, 6 Juli 2018. (6.00 AM) Waktu Indonesia Tengah.

Sebungkus nasi kuning dengan sambal khas Lombok yang terasa pedas tapi nikmat tiada dua membuka pagi yang masih gelap gulita akibat mendung pagi tadi. Setelah menghabiskan suapan terakhir dan minum air mineral merk lokal, kegiatan duduk-duduk diruang tamu menjadi ritual selanjutnya. Toples-toples kudapan yang terdiri dari nastar, permen mint, kacang telur, dan aneka kue khas lebaran lainnya yang tersisa menjadi hidangan penutup. Pagi yang nyaman untuk memulai malas-malasan. 

Hari ke dua puluh satu sejak aku resmi berstatus penggangguran akibat keputusan pengunduran diri yang sudah lama aku inginkan. Pulang dan kembali ke rumah orangtua yang awalnya aku bayangkan akan baik-baik saja ternyata terasa kian hari kian berat. Terpikir untuk mengambil kamar kontrakan sendiri atau membeli rumah dan tinggal terpisah dengan keluarga mulai menggerayang didalam pikiran, tapi akal sehat menghentikannya dengan alasan keadaan finansial yang tak lagi memungkinkan untuk berdiri sendiri. Kesimpulannya aku lemah tanpa uang.

Setelah kemungkinan untuk hidup terpisah di dalam kota yang sama luntur, ide muncul lagi untuk kembali ke perantauan. Ingin meneguk kembali rasanya 'kebebasan' yang dulu terasa sesak dan sendiri, tapi kepedihan dan kesendirian itu yang aku rindukan sekarang. Yang aku rindukan adalah kamarku, semua fasilitas yang aku hasilkan sendiri, dunia kecilku yang sepi dan padat. Semuanya seperti menghukumku, mengolok-olok keputusanku. 

Dua puluh hari atau tepatnya kemarin, saat aku masih merasa rumah adalah hal yang terbaik. Dihari ke dua puluh satu hari aku menyadari 'kekosongan' yang menggelembung semakin besar yang berbanding lurus dengan kebosanan yang mulai melanda. Sekarang aku sadari batas paling lama aku tidak bekerja adalah dua puluh hari. Butuh du apuluh hari libur dan beristirahat untuk mengumpulkan kembali semangat kerja dan mengusir semua kepenatan akibat terus-menerus beraktivitas di kantor. Hasil experimen ini membuat aku paham alasan orang-orang Barat menggunakan hari cutinya sekaligus untuk berlibur dalam jangka waktu yang lama. Terurainya rasa jengah dan penat adalah dua puluh hari, khususnya untukku.

Dan sekarang satu diri dalam diriku bertanya apakah aku menyesal telah memutuskan untuk keluar dari pekerjaanku, aku tegas menjawab tidak. Pengunduran diri bukan semata-mata bisa dibayarkan oleh gaji semata. Untuk perkara gaji, aku serahkan kepada yang maha kaya, sudah kuserahkan apapun yang terjadi pada diriku pada-Nya. Aku hanya sedang rindu kebebasan dan waktu sendiriku, rindu udara dingin yang menggigit saat aku membuka jendela kost dan driver ojek online yang selalu berganti menyapaku disetiap pagi. Aku rindu canda dan suasana ruangan besar dilantai dua gedung kantorku, juga suara mesin absen ketika menunjuk jam 8 pagi. Aku rindu teman-temanku dengan segala gosip dan kebiasaan mereka memberiku lelucon garing dipagi hari. Aku rindu mall-mall yang tak pernah tidur dan jalanan padat merayap yang dulu aku benci. Aku rindu pada kompor, penggorengan dan bahan-bahan masakanku. Memasak adalah hobby baruku ketika sudah bosan menulis. Dengan bermodal resep online dan kemauan keras, lambat laun aku suka memasak. Aku rindu makan masakanku sendiri.

Butuh sepuluh tahun untuk mencintai kesendirian dan kemerdekaanku dan dua puluh satu hari merupakan waktu yang tak pantas untuk menghapus kenangan yang menghabiskan sebagian besar cerita hidupku. Aku hanya rindu perantauan. Mungkin rasa pedihnya akan mengiris-ngiris dihari-hari kedepan, terutama saat hari-hariku bertambah sulit. Tak ada yang bisa dipersiapkan untuk mengatasi hal-hal seperti ini, sama halnya tidak ada yang siap akan perpisahan, patah hati dan ditinggalkan. Sekuat apapun akan terasa sakit. Tapi kesakitan itu akan memunculkan kekuatan lain didalam hati agar ikhlas dan tegar.

Hari ke dua puluh satu yang kosong. Aku penasaran apa yang akan terjadi di hari ke dua puluh dua. Rencana dan impian-impian yang aku simpan, perlahan-lahan bermunculan, menagih janji untuk diwujudkan. Sabar ya, aku sedang menyusun kalian, satu per satu.



Selasa, 29 Mei 2018

Siang yang cerah dengan sepotong filosofi dibawah alam sadar

apa sih yang dilakukan ketika dua orang saling mencintai ?
akan hidup bahagia selamanya ?
apa itu mungkin ?


apa sih yang dilakukan orang yang sedang patah hati ?
akan hidup dalam kesedihan selamanya ?
apa itu benar ?


apa sih yang dilakukan orang yang sedang bimbang ?
akan hidup dalam kegalauan selamanya ?
apa selalu begitu ?


apa sih yang akan dilakukan orang yang sudah tidak ada harapan ?
akan hidup dalam keputusasaan selamanya?
apa sekelam itu ?


apa sih yang akan dilakukan orang yang hidup dalam kesendirian ?
akan hidup dalam kehampaan selamanya ?
apa harus begitu ?


rasa bahagia itu apa sih? hanya bisa dirasakan orang yang mengalaminya, begitu pula rasa emosi yang lainnya.
orang lain hanya bisa bersimpati dan berempati.


masalah akan selalu ada, bagi yang hidup berdampingan maupun hidup sendiri
perbedaannya adalah cara mereka menyelesaikan masalah mereka sendiri


Minggu, 20 Mei 2018

Novel atau Lagu

Banyak novel yang menuliskan kisah cinta. Kisah cinta yang menceritakan perjuangan seseorang yang begitu mencintai pasangannya. Kisah sedih dan menyakitkan karena mencintai orang yang tidak mencintainya.

Sedangkan banyak lagu cinta dan patah hati yang menggambarkan begitu  tidak pantasnya ia dicintai. Lagu yang berharap agar pasangannya bahagia tanpanya. 

Anda di sisi yang mana ?

Pesan dikirim

kali ini, saya akan mencoba mencintai diri saya sendiri sebelum saya jatuh hati kepada orang lain.

kali ini, saya akan belajar sedikit demi sedikit untuk menilai orang bukan menghakiminya.

kali ini, saya terus berpikir untuk melakukan hal-hal yang dulu pernah menjadi mimpi dan perlahan saya lupakan.

kali ini, hanya kali ini saja, saya akan berpikir untuk memafkan diri saya yang kembali menangisi sesuatu yang tak akan pernah lagi saya tangisi di masa yang akan datang. 

Apa itu ?

Menyakiti diri sendiri. 

Terus menerus membayangkan semuanya akan menerima kekurangan diri sendiri adalah sangat egois.

Bagaimana mungkin orang lain mencintai saya apa adanya jika saya sendiri tidak mencintai diri saya yang apa adanya ?

Hati kecil ini saja tidak sanggup mencintai semua kekurangan, bagaimana hati yang lain ?

Egois yang ada sekarang akan menyakiti hati orang lain.

Fokuslah untuk bahagia. 

Biarkan diri ini berproses dan berkembang.


- E

Kamis, 10 Mei 2018

Malam yang dingin - Episode 2

Malam, 23.21 waktu Indonesia Galau.

Di kosnya yang minimalis dan dipenuhi poster pemain bola, Gawa merenung. Sesekali menghembuskan nafas panjang sambil mulutnya mengunyah Beng-Beng dan minum Teh Pucuk. Suara rintik hujan menemani malam itu dengan setia. Kejadian tadi sore diputar terus oleh Gawa dalam ingatannya. 

Setelah bertemu Karin, perasaannya kembali tak menentu. Tembok baja yang dia bangun begitu kokoh di dalam hatinya hancur. Meleleh, seolah Karin bisa menembus dengan satu sapaan saja. Dua bulan Gawa mencoba menghindari Karin dengan segala alasan dan mencoba hidup tenang. Sekarang pertahanannya ambruk. 

"harus gimana gue nih Kowalski ? " dengan lirih dia menoleh ke hamster peliharaannya yang sedang berlarian kesana kemari di box kacanya. Setelah 1 box Beng-beng habis dan berbotol-botol teh pucuk, dia mengambil HP dan mencoba mencari satu nama di kontak  Whatsup-nya, Dodot. Dengan enggan dia mengetik pesan,

- Dot apa kabar bro? Gue nih Gawa. Tadi sore Karin nemuin gue. Lu ada waktu kapan bro, udah lama kita nggak ngopi bareng. - 

Pesan dihapus. Gawa kehilangan percaya diri. 

" Ah sial. Karin, kalo gak elo, males banget gue WA si Dodot! " lalu tangannya melemparkan HP ke kasur dan mengambil minuman dingin di dalam plastik Alfamart.

Lalu dia mengambil lagi HP nya, dan dengan cepat menuliskan pesan, 

- Dot, lu apain lagi si Karin. Jangan nyakitin dia lagi dong, inget kan janji lu ke gue ???? Sialan lo ! Lo udah ngingkarin janji lo. Duel kita ? -

Lalu pesan itu juga dihapus. 

"Shit, gue juga ingkar janji nemuin si Karin. Eh tapi dia yang nemuin gue kali, bukan gue niat ketemu dia."

Kali ini, Gawa mengumpulkan semua kesiapannya dan mulai mengetik, 

- Hi bro, apa kabar ? -

Gawa mengirim pesan tersebut.
Dalam hati dia berharap Dodot tidak pernah menerima pesannya.

¶¶¶

Malam ini, seperti malam-malam biasanya. Dira mengecek akun Instagramnya. Post Foto tadi sore membuatnya tidak bisa tidur. Bagaimana tidak, mantan yang sudah 9 tahun ia pacari dan putus dengan alasan yang tidak pernah ia pahami akan menikah. MENIKAH !!!!!!

Tidak bisa ia bayangkan, seorang Malik yang yang ia kenal sedari SMA dan baru berpisah beberapa bulan lalu sudah menemukan pengganti dirinya. PEDIH dan SEDIH adalah kata yang paling mewakilinya saat ini. Tidak seorang pun paham akan hancurnya hati dan rasa percaya dirinya. Linangan air mata yang tidak kunjung mengering menemaninya. Dira tak ingin tidur karena tahu akan dijemput oleh mimpi buruk seperti malam-malam sebelumnya. Tapi hatinya terlalu lelah untuk bertahan. 

Dengan berani dan didorong rasa penasaran yang kuat, dia melihat lagi post foto undangan yang dibagikan oleh adik Malik. Pernikahannya akan digelar seminggu lagi. Seperti seorang FBI, Dira mencari informasi siapa orang-orang yang dapat membuat ia lebih mengenali perempuan perebut kebahagiannya. Menit demi menit berubah menjadi jam. Waktu berlalu dengan informasi yang tidak sebanding. Sampai pada satu komentar. Dira mengenali wanita di foto profile itu. Rasanya tidak asing, tapi dia tidak ingat betul dimana dia pernah bertemu. Sialnya akun wanita itu terkunci. 

Dengan hati-hati ia mencoba mengingat, nama akun tersebut adalah Karka.Putri.

"Karka...Hmmm.. Who's Karka" Dia mencoba mengingat dimana dia pernah melihat wanita ini.

Dira lalu membaca komentar Karka, mencoba mengeja kata-katanya sembari membayangkan sesosok wanita ini di dalam otaknya yang sedang malas bekerja karena terlalu lelah bekerja dan menangis.

Komentar yang tertulis, 

Hei guys, Congrats ya! Akhirnya selama dua tahun ini perjuangan tidak sia-sia. Selamat berbahagia ya. Love you πŸ’‹πŸ’•

" What?? Dua tahun ??? Gila gue diselingkuhin!!! "


Dengan berapi-api dan emosi yang berlebih Dira merasa terjun lebih dalam ke jurang kesedihan dan kehancuran. Tangisannya semakin pecah karena tidak berdaya melawan pengkhianatan yang baru diketahuinya.

Bantalnya kini sudah basah. Matanya sudah lelah.

Tapi dalam otaknya terus teringat nama Karka Putri.

¶¶¶

Dalam ruangan karaoke yang penuh dengan kolega dan teman kerja, Dodot duduk sendiri. Robby dan Fariz sudah mengajaknya untuk bernyanyi dan meminum beer. Dodot menolak. Akhirnya dia berpamitan dan memberikan uang untuk membayar room dan beer sebagai pengganti kehadirannya.

"Kenapa lo bro ? " Tanya Robby.

"Iya nih, ada masalah ya ?" lanjut Fariz.

"Nggak. Gue cuma nggak enak badan. Kalian lanjut aja. Sorry nih. Next time aja ya."

Dengan terburu-buru Dodot meninggalkan ruangan itu.

Robby dan Fariz saling berpandangan dan mengangkat bahu mereka. 

"Eh ini HP si Dodot ketinggalan bro." Kata Fariz pada saat akan duduk di sofa.

"Besok aja deh dikantor, kalau dia inget entar dia balik lagi kok." Jawab Robby.


Di tempat parkir, Dodot menyalakan rokoknya dan duduk sendiri diatas motor besarnya. Dia sedang merasakan sesuatu yang mengganjal hatinya. 

"Haruskah gue resign demi lo Rin ?"

Lalu asap yang mengepul itu hilang perlahan sampai habis dan mengantarkan Dodot pulang sambil memacu kuda besinya sendirian.

Hari itu Dodot merasakan kesepian yang membuatnya sesak.

¶¶¶


"Karin, kok ngelamun terus sih nak?" Sapaan bunda membangunkannya dari lamunan.

"Lagi mikirin apa ?" tanya bunda lagi.

"Oh nggak bun. Cuma kerjaan." Jawab Karin.

"Ah kalo kerjaan jangan dipikirin, tapi dikerjain Rin.". Lalu bunda melanjutkan, "Eh, kok Gawa nggak pernah datang lagi ya? Bunda kangen deh. Gawa itu lucu, terus suka habisin makanan bunda, jadi ngga ada sisa hehehe."

Karin tersenyum, lalu menjawab " Gawa pindah kosan bun, jauh. Jadi kalau mau kesini harus cari waktu yang pas, kasian kan macet."

"Emang pindah kemana ? Kenapa kok pindah ?"

"Gatau bun."

"Hmm.. yah Gawa, padahal seru ada dia, rame."

"Kenapa sih bun, kan ada Dodot juga sering kesini." Protes Karin.

"Ups. Sorry deh. Bunda juga suka Dodot. Cuma kalo ada Gawa kayanya lebih ceria aja. Nggak ada maksud apa apa. Udah deh kamu tidur aja. "

"Bunda nggak tidur ?"

"Nanti. Bunda jait dulu sedikit lagi. Pesenan buat diambil besok."

"Oke."

Dengan malas Karin meninggalkan bunda.

Sebelum Karin masuk ke kamar, dia mengintip bunda yang masih sibuk menjahit ditengah malam ini. Lalu dia menuju ruang tengah lagi, dan bertanya, "Bun, ada yang perlu dibantu ? Biar cepet beres aku bantuin."


"Nggak kok. Bentaran lagi aja. Kamu tidur aja. Besok kan kerja." Lalu bunda kembali konsentrasi ke mesin jahitnya.

Sebelum menutup pintu kamarnya Karin berbisik, "Bun, jangan capek-capek ya. Karin nanti bakal bikin bunda bangga."

Lalu karin melempar dirinya ke atas kasur, meratakan selimut keatas tubuhnya yang kecil dan berdoa.

"Tuhan, berikanlah Bunda kesehatan dan kekuatan untuk bertahan sampai aku bisa mengumpulkan uang untuk hidup keluargaku.

Tuhan, berikanlah kekuatan dan kesabaran untuk ku menjalani hidup ini.

Tuhan, simpanlah Dodot untukku, jangan palingkan hatinya dariku.

Tuhan, berikanlah Gawa pendamping yang baik sebaik dirinya karena dia sahabat baikku.

Amin. "


¶¶¶¶ 


01.10 Waktu Indonesia berharap.


Gawa terbangun, seolah dia terjatuh dari tempat yang tinggi. Lalu menarik selimut dan kembali tidur.
Sebelum terlelap dia menggumam, "Karin, coba lo gak pernah ketemu Dodot."

***