Senin, 31 Januari 2022

ada yang nungguin

Pulang ke rumah kost setelah seharian beraktivitas di luar itu sangat melegakan. 


Ditambah ada yang nyambut dan nungguin. Buat sebagian orang di usia saya yaa yang nungguin di rumah bisa anak, bisa istri, bisa suami, atau pasangan. Tapi buat sebagian lain yang nungguin bisa beda-beda. Ada yang ditungguin drakor, ada juga yang ditungguin anak peliharaan seperti yang nunggu saya. Yes, siapa lagi kalo bukan kucing-kucing imut nan kiyowo. Biasa Mentel sama Cindut udah stand by depan kamar. Kadang juga Tomeng ikut nangkring sambil tiduran manja di atas rak sepatu. Itu anabul yang memang sengaja saya kasih makan tiap hari. 


Selain trio kwek-kwek di atas, ada lagi yang nunggu. Bos-bos liar ini biasanya udah ready dan marah-marah depan gerbang kost. Baru liat motor aja mereka udah posisi siap 'meow meow' dengan nada tinggi dengan muka galak gemes. Tukang palak liar. Ada dua kitten sekitar 4 sampe 5 bulan yang rutin saya kasih makan sejak brojol. Induknya hamil lagi sewaktu mereka umur 2 bulan. Alhasil dua piyik ini yatim piatu. Saya belum memberi nama kepada keduanya. Kalau manggil mereka ya dengan sebutan boss. Lagaknya memang seperti boss. Suka merintah ngasih makan. Duh gemes sekaligus jengkel kalo lagi capek tuh mereka tetep aja ngeong ga peduli pokoknya harus makan!


Lain dari piyik, ada yang namanya Betmen. Kucing tetangga musuh bebuyutan Tomeng. Sama-sama jantan dan petarung handal. Sebenernya Betmen punya rumah tapi dia rutin minta makan ke sini. Kalo ngga dikasih, tempat sampah diberantakin, rak sepatu, meja, pintu, dipipisin. Ampun deh.


Kadang aku ngasih makan mereka di depan kamar tapi lebih sering di luar / halaman. Biar aman. Kenapa? Soalnya bapak kost udah ngelarang ngasih makan depan kamar, hampir diusir juga gegara koceng. Kalau dipikir-pikir, banyakan kucing daripada yang nge-kost di sini. Wajar ngga sih kalo kita lebih deket ke binatang yang selalu ada dan nemenin di saat semua orang pindah, pulang kampung, atau mengurusi hidup mereka masing-masing ? Kucing bisa bikin happy padahal cuma lagi guling-guling di lantai. Serasa ada energi baru yang ngisi jiwa ini.


Barusan juga ngasih makan dua piyik di luar, deket tempat sampah tapi makanannya saya alasin plastik biar ngga kotor. Biasanya saya ngasih makan di atas jam 10 malam setelah angkringan di depan gerbang tutup. Tapi karena tadi si dua piyik ini ngeong terus karena laper dan seharian siang tadi ngga saya tinggalin makanan, jadi langsung aja saya kasih makan pas saya sampai kost. Saya kasih mereka DF. Mereka belum kenyang mungkin, jadi itu piyik bunyi lagi. Kali ini saya kasih ayam. Eh gak lama yang jualan di angkringan dateng dan kayaknya mau buang tu ayam tapi saya nyapa beliau lebih dulu secara tiba-tiba dengan keluar kost. Akhirnya ngga jadi deh tuh ditendang.


Beliau memang anti sama kucing, ga jarang suka nendang, ngusir pake ngelempar batu, atau mukul pake gagang sapu. Makanya itu saya suka tiba-tiba ke luar pas beliau udah ancang-ancang mau mukul, atau merhatiin dia diem-diem. Bukan beliau aja tapi nurun ke anak-anaknya juga. Suka sembarangan ke kucing, ayam, dan lainnya. Tapi anaknya pelihara burung merpati buat dilatih adu terbang gitu.


Btw, ini mata berat banget. Karena seharian motoran dan panas-panasan energi jadi 0% deh.

Sambung besok ya..

0 komentar:

Posting Komentar