Jumat, 05 April 2019

Pascasarjana UNY - Pengalaman pendaftaran dan tes (2019)

Halo loves ....

I have good news. Alhamdulillah ya Rabb, aku dapet kesempatan untuk nerusin S2. Rasanya bersyukur, bahagia sama khawatir. Enjoying the roller coaster of lyfe. Dan kali ini aku mau menceritakan prosesnya sampai bisa diterima, semoga membantu buat kalian yang mencari informasi atau referensi ya. 

For your information, dulu aku berkuliah di Universitas Pendidikan Indonesia jurusan bahasa Jerman dan di S2 ini aku mengambil jurusan yang tidak sama juga tidak mengambil ilmu kebahasaan karena mempertimbangkan beberapa opsi salah satunya pekerjaan kedepan(-aku ingin jadi apa setelah mendapatkan toga magister itu). Buat temen-temen yang berpikiran akan berubah haluan karena ingin mengubah nasib seperti aku, ayo kita berjuang dari nol ! Semangat ✋

Oh ya temen-temen, aku melakukan pendaftaran dan tes masuk pada tahun 2019, rentang waktu pendaftaran sampai pengumuman tes di bulan Januari sampai dengan Maret. Informasi yang aku sampaikan ini kemungkinan akan berbeda tiap waktunya ya. Lanjut ke langkah-langkah pendaftaran dan tes masuk yah. Begini ceritanya...


  1. Setelah menetukan pilihan jurusan dan kampus, maka pilihanku jatuh ke Universitas Negeri Yogyakarta. Langkah pertama yang dilakukan adalah mendaftar. Informasi dapat kalian temukan di halaman resmi PMB UNY atau KLIK DISINI. Disini kalian bisa mendapatkan informasi tentang jadwal pendaftaran, jadwal tes masuk, biaya tes, ketentuan mendaftar dan juga pilihan program studi yang ditawarkan baik S1, S2 maupun S3. Ada dua gelombang tes masuk untuk Pascasarjana. Aku mengikuti gelombang gelombang pertama. 
  2. Setelah mengisi formulir pendafataran online selanjutnya kita akan mendapatkan kode pembayaran lalu ke bank untuk membayar biaya tes masuk. Pembayaran waktu itu dilakukan di teller bank Mandiri sebesar Rp. 450,000 dengan menggunakan kode atau nomor yang diberikan pihak universitas setelah selesai mendaftar. Setelah mendaftar aku mendapatkan bukti bayar. Di kertas bukti bayar ini tercantum PIN untuk login ke sistem selanjutnya
  3. Setelah mendapatkan PIN, kita mengisi data-data yang dibutuhkan di website kampus. Persiapkan pindaian dokumen seperti ijasah, transkip nilai, foto terbaru dan yang paling penting surat rekomendasi dari dua dosen, diutamakan dosen pembimbing pada saat S1 dan atau pembimbing skripsi. Jangan khawatir, disini surat rekomendasi sudah disiapkan oleh pihak UNY. Aku hanya menyantumkan email aktif dosen yang akan aku mintakan rekomendasi. Setelah itu pihak UNY akan mengirimkan email dan proses selanjutnya dopem yang  mengurusnya. Aku ngga tau persis bagaimana bentuk rekomendasinya karena filenya hanya dikirimkan ke dopem. Penting ya temen-temen, EMAIL dosen kita harus AKTIF karena email ngga bisa diganti, bisa resend tapi batasnya satu kali sehari. Lakukan pendekatan ke dosen agar proses cepat selesai, kita kan tau dosen kita super sibuk dan lupa hal-hal kecil, jadi terus tanyakan ke dosen sampai tanda merah yang bertuliskan "kirim ulang email" berubah menjadi tanda ceklis hijau . Soalnya disini aku lalai, hari terakhir baru cek ulang dan satu dopem belum oke, padahal dosenku sudah mengirimkan surat rekomendasi sebulan lalu. Jika mengalami trouble seperti aku, tinggal hubungi pihak panitia universitas yang nomor teleponnya ada di bawah laman website. Katakan jika dosen sudah submit tapi belum terbaca sistem, nanti pihak panitia akan membantu. Kesalahan teknis yang lumayan bikin deg-degan. 
  4. Setelah proses selesai, cetak kartu peserta ujian. Penting langsung dicetak karena ada batas cetaknya atau minimal file PDF nya disimpan sebelum dicetak, di kartu ujian ada tanggal dan waktu file tersebut diunduh dan ada batas unduh juga. Simpan baik-baik deh sampai ujian tiba bahkan sampai pembayaran SPP.
  5. Siapkan diri sebaik-baiknya. Latihan soal, baca artikel sebanyak-banyaknya (mostly in English, I read Guardian, Jakpost and any others, as many as I could), latihan soal TOEFL, dan belajar lagi matematika. Aku punya waktu untuk belajar sekitar 1 bulan, ga intens banget tapi minimal sehari ada 5 sampai 10 soal yang kukerjakan. Karena lemah di matematika, otomatis  itu jadi porsi besar setiap hari. Rasanya menyakitkan sih harus nyiksa otak lagi setelah lama sekali ngga belajar. But, show must go on, dear...
  6. Tibalah hari tes itu. UNY ini sudah canggih banget. Ujiannya memakai komputer alias CBT mirip sekali tes CPNS bahkan PC mereka merknya APPLE jadi buat yang katrok seperti aku ini agak sedikit kaget, tapi overall sih easy banget pake komputernya, hanya sedikit yang berbeda. Sebelum tes dimulai, ada sedikit pengarahan dari panitia, salah satunya tidak boleh membawa alat tulis apapun, kertas oret-oret disediakan, tidak menggunakan headset ataupun jam tangan, no handphone, semua barang bawaan dititipkan ke panitia, hanya boleh membawa kartu peserta, fotokopi Ijazah S1 yang sudah dilegalisir dan KTP asli saja kedalam ruangan tes. Ruangannya dweengeeeen bangeet, jadi bikin pengen pipis, disarankan pake kaos kaki. Toiletnya juga bersih dan nyaman. 
  7. Tes dimulai. Soal peserta dengan yang lain tidak sama, mungkin beda nomor atau beda soal aku juga gak paham. Intinya tidak bisa nyontek. Pengawas dan CCTV mengawasi anda bung. Hehehe. Aku lupa persisnya berapa butir soal, tapi urutannya seperti ini : Soal TPA (verbal, numeris, gambar), soal bahasa Inggris yang mirip TOEFL (listening, reading, grammar). TPA dikerjakan 1.5 jam bahasa Inggris juga sama. Ditengah-tengah tes sempat agak terganggu oleh sistem yang tiba-tiba lemot, namun waktunya tetap diganti kok oleh panitia. The best. Kalau tidak salah ingat, soal TPA ada 120 soal, dan bahasa Inggris 150 soal. CMIIW. Tesnya pakai sistem self-timing, jadi peserta yang sudah siap bisa mulai duluan setelah panitia memperbolehkan mengakses komputer dan password mulai tes, setelah mengerjakan tidak bisa balik ke soal sebelumnya, maksudnya, jika waktu mengerjakan soal TPA numeris selesai langsung lanjut ke TPA verbal dan tidak bisa kembali mengerjakan soal numeris meski waktu tes TPA verbal masih tersisa. Ada jeda 30 menit dari TPA ke tes bahasa Inggris, panitia ngasih snack buat isi perut dan semangat yang udah dibakar habis di soal-soal TPA. Kesanku ikut tes TPA, waduh susah banget asli. Matematika, aku ngerti itungannya namun waktunya ngga cukup, bermain logika hitung cepat jadi kuncinya, buat yang masih belajar-belajar, latihan itung cepat itu penting, jangan seperti aku, 15 menit baru selesai 10 soal. Haha. Idelanya 1 soal 1 menit. Tes verbalnya juga menantang pengetahuan umum, soal-soalnya juara. Lanjut TPA bergambar, nah yang ini nih, yang bikin otakku panas, soal bergambar. God! Kalo inget pengen ketawa, itu layar komputer aku deketin ke mata berusaha keras menentukan mana model yang tepat untuk soalnya! Kalo bisa layar komputer aku bolak balik biar gampang. Hahaha. BTW, layar komputernya gede banget. Saranku turunin aja brightness-nya supaya ngga pusing, silau atau mata perih/kering. Lanjut ke soal bahasa Inggris, pertama adalah listening. It was so easy. Beneran, kalo sudah terbiasa denger bahasa Inggris dan sering nonton film tanpa subtitle indonesia, pasti cepet paham. Habis itu ada Grammar, ini lumayan membakar otak ya, tapi ngga sebanding sama soal reading-nya. Disini kelemahan aku, baca teks yang ga menarik. Jadi perjuangan banget nyari main idea atau padanan kata yang tepat gitu. Pulang tes langsung laper dan kehabisan tenaga. Sampe rumah lanjut makan terus tidur deh. Ngga lupa berdoa setiap hari supaya lulus. Tesnya ada 2 kali dalam sehari, kemarin aku kebagian tes pagi dari jam 07.00 sampai 12.00. Lalu ada kloter kedua dari jam 12.00 sampai 17.00. Perkiraan hari itu ada 1000 lebih peserta tes pascasarjana. 
  8. Seminggu kemudian tibalah pengumuman kelulusan, pengumuman online. Nomor peserta tes yang dipakai untuk cek pengumumannya, website-nya sama dengan laman pas kita ngisi pendaftaran tapi tab-nya yang 'pengumuman'. Yeee aku lulus pemirsah... 
  9. Setelah itu calon mahasiswa yang lulus diberi waktu kurang dari 2 minggu untuk melakukan registrasi ulang. Setelah pengumuman, ada surat LoA dan surat arahan registrasi ulang yang menginformasikan jadwal pembayaran sumbangan dan SPP. Bayarnya di teller BNI, Mandiri, BTN atau BPD DIY. Ini berat buat aku karena biayanya lumayan gede (menurut kemampuan ekonomi aku yang menengah). Hampir saja aku tak jadi kuliah guys. Thanks to my father a.k.a my life hero. UNY memberikan dua pilihan prodi namun diakhir tes kalian akan ditempatkan di salah satu prodi saja. FYI, Prodi Manajemen Pendidikan Non-reguler bayarnya agak lebih mahal sedikit dari jurusan yang lain. Wait, aku ngga milih jurusan MP kok. Hehe.
  10. Setelah pembayaran, waktunya buat KTM. Wuih, kalo udah punya KTM berasa sudah mahasiswa hehe. Pakai pakaian sopan, keruangan foto dikampus, cekreek jadi deh KTM ku 👩 (Semua tata cara dan jadwal sudah diinformasikan di surat yang calon mahasiswa dapatkan setelah mendapat pengumuman LULUS).
  11. Terakhir, mengisi KRS online. Tapi tahap ini belum dilakukan karena jadwalnya akan disamakan dengan temen-temen mahasiswa yang lulus di gelombang 2 tahun 2019, which is nanti baru dimulai bulan Juli 2019. Setelah itu, ada masa orientasi dan perkuliahan akan dimulai September 2019 (-info dari pihak kampus). 
Digital Library UNY yang di basement. Peserta ada yang tes di lantai 2 dan 3 juga.
Doakan aku semoga aku tetep semangat kuliah, gak males ngerjain tugas dan selesai tesis tepat waktu ya. Amin ya rabbal alamin.

Semoga dari ceritaku ini ada yang tercerahkan dan terbantu bahkan jika bisa termotivasi.
Buat temen-temen yang mau mencoba di gelombang 2, tetap berlatih ya...
Semangat terus!

See you on my next post!💟

First Photo in Uni, tengs bet ya Buy. I heart you.


72 komentar:

Isni Nurani mengatakan...

Tulisannya sangat bermanfaat mbak Eii. Mbak waktu mendaftar S2 di UNY saat pendaftaran online apakah harus mengunggah sertifikat toefl ITP dan minimal skor toefl pascasarjana s2 berapa? Terimakasih

Eii mengatakan...

Halo Mba Isni, terima kasih ya..
Tidak diharuskan untuk sertifikat Toefl maupun ITP karena pas tes akan ada ujian bahasa Inggrisnya :)

Isni Nurani mengatakan...

Terimakasih atas informasinya mbak Eli

Unknown mengatakan...

Hii mba ello dulu pas ndaftarjurusan yang mba pilih saingannya cukup banyak apa tidak ???

Yaka mengatakan...

Halo mbak, boleh tanya?
Kalau misalkan ikut tes tahun ini tapi ambil kuliahnya tahun depan berarti LoA nya harus dikonfirmasikan ke kampus?mbak. Terimakasih

Eii mengatakan...

Sama sama. Terima kasih sudah berkunjung ke blog aku ya :)

Eii mengatakan...

Hai.
Kalau saingannya saya kurang tau, tapi melihat dari animo dan daya tampung tahun sebelumnya cukup banyak jg. Tahun 2017 mahasiswa yg diterima 70-an tp yg daftar 200-an. Oia untuk informasi peminat bisa di cek di web http://pmb.uny.ac.id/jadwal-penerimaan-mahasiswa-baru-uny-tahun-2019 ya sebagai gambarannya.

Eii mengatakan...

Halo Yaka.

Saya kurang paham ya mengenai LoA karena saya ikut tes CBT. Bisa ditanyakan ke pihak administrasi universitas via telepon. Nomor panitia pmb ada di website mereka di paling bawah. Saya jg pas kmrn ada trouble pas bagian pendaftaran lalu dibantu pihak admin kampus via telepon. Sangat membantu. Saya telpon jam 9 atau 11 siang waktu itu. Semoga informasinya membantu ya. Terima kasih.

Yaka mengatakan...

Soalnya kan tahun ini (kayaknya) bisa ambil mulai kuliah 2019 atau 2020.
Kalau masalah rekomendasi, kalau sudah centang hijau, apakah sudah aman untuk ikut tes cbt di UNY mbak? terimakasih

Eii mengatakan...

Surat rekomendasi sudah centang hijau (untuk 2 surat rekomendasinya) insha allah sudah aman.
Kalau mau double check, bisa telpon admin pmb nya, saya jg pas itu reconfirm ttg status registrasi saya via telepon. Semoga membantu ya. Terima kasih.

Yaka mengatakan...

Terimakasih mbak,

Eii mengatakan...

Sama sama. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Have a good day.

Yaka mengatakan...

Tulisannya sangat BERMANFAAT mbak.

Yaka mengatakan...

Mbak, maaf mau tanya biaya boleh?UKTnya S2 berapa mbak?yang bayar sendiri, hehe

Eii mengatakan...

Pembayaran awal 9 juta. Tapi semester depan 7.5 juta ya. (tes gelombang 1).

Yaka mengatakan...

Lha gelombang 2 mbak?kayaknya sampai gelombang 3 ya mbaj

Novita_dwin mengatakan...

Kak maaf mau tanya. Untuk pembayaran awal 9jt itu apakah sudah include UKT atau belum ya? Terimakasih banyak :)

Eii mengatakan...

Maaf, saya tidak tau

Eii mengatakan...

Hi Novita,

Sudah include UKT untuk semester pertama ya.

Oia, ini untuk gelombang 1 saja. Kalo untuk gelombang 2 saya kurang tau. Terima kasih.

Lumut mengatakan...

Kak untuk pengumuman point 6 : konsultasi dg penasehat akademik tentang KRS itu bagaimna ya? Terimakasih kak

Eii mengatakan...

Hi Lumut,

Untuk KRS menunggu hasil tes penerimaan maba gelombang 3 ya (info yg aku dapetin disuruh check website pps.uny.ac.id). Saya pun belum melakukan KRS. Hehe.

Latifa Krisna mengatakan...

Halo mbak, aku jga Alhamdulillah diterima di UNY gelombang 2 tahun ini. Aku mau nanya registrasi yg langsung itu dmna ya? Di bagian akademik pusat atau gedung pps? Atau di pps ada akademik sendiri? Aku udh telpn ke UNY untuk nanya tapi ga diangkat mulu

Eii mengatakan...

Hai latifa,

Aduh lupa nama gedungnya, deket rektorat. Kalau bingung, ke pps aja tanya ke adminnya nanti ditunjukan. Ga jauh dari gedung pps juga. Gak akan nyasar karena deketan jaraknya. Hehe.

Btw selamat udah lulus :)

Unknown mengatakan...

Hallo mbak, aku mau tanya untuk pemberian rekomendasi, itu harus dospem ya ? atau boleh 22 nya dari atasan perusahaan saja ? makasih

Eii mengatakan...

Halo.

Seingat saya 1 atasan (untuk yg masih aktif bekerja) dan 1 dosen pembimbing pada saat S1. Cmiiw.
Karena pada saat registrasi setelah membayar biaya pendaftaran ke bank, ada pilihannya apakah calon mahasiswa tsb bekerja / tidak. Nanti pilihan surat rekomendasinya mengikuti status calon mahasiswa tsb.

Unknown mengatakan...

Selamat sore mba Eii, saya ingin bertanya, jika belum centang hijau apakah masih bisa ikut tes? atau harus centang hijau baru bisa ikut tes?

Unknown mengatakan...

Halo mbak,, klu skor meminimalkan TPA di UNY berapa ya?

Eii mengatakan...

saya kurang tau ya, soalnya tidak ada informasi mengenai standar nilai lulus. Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Kak apa boleh minta emailnya? Saya ingin tanya2 jika berkenan

Unknown mengatakan...

Mau nanya kak, pembayaran spp nya setelah dinyatakan lulus itu langsung bayar atau ada selang beberapa minggu?

Eii mengatakan...

Hi,
Bisa di sini ko tanya² nya hehehe

Eii mengatakan...

Hi,

Kalau tidak salah selang 10 hari, ngga lebih dari 2 minggu.

Najma mengatakan...

Assalamu'alaikum kak, terima kasih tulisannya sangat bermanfaat.
Saya baru daftar S2 UNY tahun ini, mohon do'anya semoga dimudahkan dan lulus tes masuk ya kak :)
Mohon bimbingannya kak 😊🙏

Najma mengatakan...

Oh iya kak untuk daftar ulang itu persyaratan berkas2nya itu apa aja ya? Soalnya jauh kalau untuk bolak-balik mendadak sedangkan jangka waktunya cuma 2 minggu setelah dinyatakan lulus

Eii mengatakan...

Hi Najma,

berkas-berkasnya yang kita unggah pada saat pendaftaran, ditambah dengan surat keterangan sehat dari dokter yang asli (bisa rumah sakit, klinik, waktu itu saya buat surat sehat dan keterangan bebas buta warna di puskesmas).

siapkan saja ijazah asli dan transrip nilai, lalu yang di legalisirnya juga jangan lupa dibawa.

untuk KK dan kTP juga dipersiapkan saja.

Syarat-syaratnya nanti diinformasikan bersamaan dengan surat pernyataan lulus tes.

Semangat ya Najma :)

Enn mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ibnu Qusyairi mengatakan...

Hallo mbak, mau tanya.. brarti untuk surat rekomendasi, kita tinggal input email dosen ny y?

Unknown mengatakan...

Saat tes apa menggunakan sistem minus ya Kak?

Eii mengatakan...

Halo Ibnu Qusyairi,

iya betul, nnti akan ada email masuk ke email dosen dan nanti dosen yang akan membalas email tersebut.

Eii mengatakan...

Hi,

sistem penilaian minus atau tidak saya kurang tau. sepertinya tidak, tapi setiap tahun mungkin berbeda kebijakan ya. Good Luck!

Ibnu Qusyairi mengatakan...

Terima kasih banyak info ny..
Bismillah mau coba ndaftar tahun ini untuk gelombang pertama..

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum kak, mau nanya. Itukan kl dftat di berikan 2 pilihan prodi, nah nnti gimna kak klo lulusnya di prodi pilihan kedua. Pdhal kt pengennya lulus di prodi pertama, apakah panitia kasi pilihan untuk pindah? Atau gimana kak? Krn tulisan kaka yg sy baca "UNY memberikan dua pilihan prodi namun diakhir tes kalian akan ditempatkan di salah satu prodi saja" mhon penjelasannya yh kak, rencana sy jg mau dftar tahun ini di uny :). Trimkasih, wassalam

Eii mengatakan...

Hi Ibnu Qusyairi,
sukses ya :)

Eii mengatakan...

Hi,

untuk pilihan prodi setau saya tidak dapat diubah, pilihannya adalah mengikuti tes ulang.

Asrama kuliner mengatakan...

Assalamualaikum Mba.

Sngat bermnfaat Tulisannya Mba, ad ngak contoh² soalnya MBA klw tes CBT pascasarjana?

Eii mengatakan...

Hi Asrama Kuliner,

Sebelumnya terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya.
Seingat saya contohnya mirip dengan tes kemampuan untuk masuk PT pada umumnya. Tes Bahasa Inggrisnya juga persis TOEFL.

Ani Tukan mengatakan...

Hallo mbak, mau nanya itu kalo pemberi rekomendasinya belum dicentang hijau masih bisa ikut tesnya yah kak?

Najma mengatakan...

Assalamu'alaikum kak, saya mau tanya lagi nih ada asrama yg bisa ditinggali ngga sih untuk yg rumahnya jauh untuk saat mengikuti tes?

Ibnu Qusyairi mengatakan...

Kak tanya dong, ada aturan terkait pakaian saat tes tidak y? Atau yg penting rapi sopan?

Eii mengatakan...

Hi Ani Tukan,

Setau saya masih bisa, waktu itu ada tenggat waktu h+7 setelah tes untuk surat rekomendasi. Mudah-mudahan kebijakannya belum berubah.

Hi Najma,
kalau asrama saya kurang tau. Waktu itu saya juga menyewa kamar kos selama persiapan sampai waktu tes. Mungkin bisa searching di traveloka atau reddorz bahkan mamikost untuk mencari kost harian atau mingguan.

Hai Ibnu,
Waktu itu syaratnya bebas rapi saja, menggunakan sepatu bukan sandal gunung atau sandal swallow.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Sukses ya kalian...

Ibnu Qusyairi mengatakan...

Kak, maf mau tanya lagi..
Alhamdulillah aku keterima d tes gelombang pertama, nah d berkas registrasi yg perlu d upload itu kan ada Surat Keterangan Sehat dan Surat Keterangan Bebas Narkoba, itu dapet ny dari mana y?

Eii mengatakan...

Hai Ibnu, selamat ya btw. Bisa dari RS, dokter, atau puskemas. Terima kasih.

Ikarihayati.blogspot.com mengatakan...

Kak, mau tanya. Di UNY pasca ada jalur khusus yg sudah bekerja tidak ya? Khususnya prodi pendidikan dasar. Terima kasih.

Eii mengatakan...

Hai Ika, kalau jalur khusus saya kurang tau, tapi selama saya kuliah tidak pernah dengar mengenai kelas karyawan di fakultas pascasarjana. Yang saya alami, di kelas reguler juga banyak mahasiswa yang sudah bekerja. Jadi mereka mengelola waktu antara kerja dan kuliah.

Imahh mengatakan...

Kak boleh sharing soal2 tpa yang pernah dipelajari saat mau tes gak?

Dwi mengatakan...

Kalau untuk jalur terbaik prodi S1 bagaimana kak? Mohon infonya

hadinata011 mengatakan...

Halo mas Ibnu, ada kontak WA yg bisa saya hubungi? Saya mau tanya2 seputar tes, karna saya daftar gelombang 3 tahun ini. Thanks

Endang Jariati mengatakan...

Terimakasih banyak atas informasinya kak. oiya kak berarti untuk rekomendasi dosen itu kita hanya mencantumkan email dosennya aja, terus nnti pihak kampus yang kirim file nya kedosen??

Eii mengatakan...

Hi Endang,
iya benar. Pihak kampus yang akan mengirimkan email pada dosen yang direkomendasikan. Lalu email tersebut berisi form yang wajib di isi dosen tersebut dan dikirimkan kembali ke alamat email yang diinformasikan oleh pihak kampus.

Thanks for coming :)

Nurulfaa mengatakan...

Halo mbak, terima kasih sudah menuliskan ini, sangat mencerahkan. Btw mbak boleh bagi medsosnya ga mbak? Aku mau tanya2 ke mba ttg S2 nya mba ei di UNY 🙏

Andrian Wahyudi mengatakan...

Assalamualaikum kak, ada nomor WA yang bisa dihubungi? Saya mau tanya2 tentang S2 UNY. Terima kasih kak..

Aloha Blog mengatakan...

Hallo kak.. informasi nya sangat bermanfaat..
Rencana tahun ini mau daftar S2. Kebetulan saya sudah bekerja.
Yang mau saya tanyakan :
1. Apakah S2 di UNY ada kelas khusus untuk yang sudah bekerja?
2. Untuk surat rekomendasi dari dosen, apakah sebelumnya kita menghubungi dosen pembimbing kita terdahulu kak agar mau memberikan rekomendasi..?

Mohon dijawab ya kak.. terimakasih

Eii mengatakan...

halo, terima kasih sudah mampir.
untuk pertanyaan pertama, sepertinya tidak ada kelas khusus, teman-teman yang bekerja tetap mengikuti kuliah seperti biasa. Mereka ijin jika ada kelas.
pertanyaan kedua, menurut pengalaman saya, saya menghubungi dahulu dan meminta ijin serta mohon bantuannya untuk memberikan rekomendasi, dan respons beliau-beliau positif.

begitu, terima kasih :)

Mind Places' mengatakan...

Kak, saya mau tanya mengenai surat rekomendasi itu format nya gimana ya?

Eii mengatakan...

hi,
surat rekomendasi sudah ada formatnya dari UNY jadi nanti setelah dicantumkan nama dosen dan emailnya, otomatis sistem akan mengirimkan surat rekomendasi ke email dosen tersebut (sehingga email dosen harus aktif dan bisa diakses). saya juga tidak melihat surat rekomendasi tsb karena tidak di cc. begitu pengalaman saya. thanks for coming.

Devina mengatakan...

Hallo ka saya bingung pas bagian mencantumkan alamat email utk rekomendasi dosen. Ini pas bagian mana Ya?

Eii mengatakan...

halo devina,

waktu itu saya pas pendaftaran. setelah membayar biaya pendaftaran nanti dikasih pin untuk akses link yang berisi persyaratan dan surat rekomendasi.(kalo tidak salah ingat ya..)

Ais mengatakan...

"Sebelum tes dimulai, ada sedikit pengarahan dari panitia, salah satunya tidak boleh membawa alat tulis apapun, kertas oret-oret disediakan"
Lha terus itu kertas oret2 dari panitia kalau ga ada alat tulisnya, begimana cara mau buat oret oretan? Maksudnya yg nulis make apa? Pake jari, teh? 😩😭

Kesya Tea mengatakan...

Halo mba, perkenalkan saya Kesya. Sebelumnya terima kasih konten tulisannya sangat informatif. Saya mau bertanya, di website UNY saya temukan bahwa kalau sudah lolos bisa bebas memilih tahun ajaran kapan untuk mulai (antara langsung mulai kuliah atau tahun ajaran selanjutnya). Nah kalau misal mulainya tahun ajaran berikutnya, biaya perkuliahan seperti UKT dll itu tetap dibayarkan langsung diawal setelah dinyatakan lolos atau nanti saat akan mulai tahun ajaran kuliah ya? Terima kasih mba.

Eii mengatakan...

halo Ais, maaf baru membalas..
waduh kalo tidak salah disediakan alat tulisnya pas waktu itu ya, kurang tau kalo tahun ini, hehe. semangat.

Eii mengatakan...

Halo Kesya, maaf baru membalas..
saya baru tau ada informasi seperti ini, mungkin setiap angkatan ditambah dg kondisi pandemi ini beberapa aturannya diubah / disesuaikan ya.. mohon maaf saya tidak bisa menjawab. mungkin tanyakan langsung ke bagian akademi. terima kasih ya sudah mampir di blog saya :) semangat!

Unknown mengatakan...

Haloo kak, untuk soal TPA dan bahasa inggris itu ada ketentuan jika salah menjawab dapet pengurangan nilai nggak kak? Terimakasih

Posting Komentar