Minggu, 01 Mei 2011

Yuk mengenal Lombok :)

Hai semua.. Semoga kalian dalam keadaan sehat yaa Amin.
Dalam Posting kali ini, saya akan bercerita tentang Lombok, pulau dengan sejuta wisata. Saat saya menulis ini, saya lagi kangeen banget sama PLECING, jadi kepikiran buat berbagi cerita.
Nah mulai dari PLECING dulu deh. PLECING itu nama makanan khas LOMBOK. Terdiri dari kangkung dan toge rebus. Dmakan dengan sambal yang pedess luar biasa. diatasnya ada toppinh kacang goreng dan kelapa. Wah segerrr deh!





Ada lagi makanan lainnya, seperti sate bulayak. Satenya sama pake daging ayam atau daging sapi, ada juga sate usus. Yang bikin spesial adalah bulayaknya. Bulayak itu seperti lontong, tapi bungkusnya beda, bukan pake daun pisang. Biasanya saya menemui sate ini di daerah wisata seperti Narmada, jalan Udayana dan Pantai Senggigi. Rasanya yang pasti enak. Umumnya Plecing dan Sate Bulayak dinikmati bersama. Hmm.... laper yaa...


Kalau kalian ke Lombok, belum afdol kalo ga mampir ke Pantai Senggigi. Tempatnya indaaah banget. Airnya jernih, ombaknya ga terlalu besar, jadi aman buat berenang. 


Nih ada beberapa foto aku pas lagi berlibur kesana... eits jangan ngiri yaa.. hehehehe



Disini selain kita bisa berenang, kita juga bisa main kano lho, atau yang mau menyewa kapal kecil untuk menyebrang ke GILI TRAWANGAN juga bisa! Menurut saya, Gili jauh lebih indah dan nyaman daripada Senggigi. Yang otomatis biayanya juga lebih MAHAL yaa, hehe. Gili ada tiga kawasan. Gili Trawangan, Gili air dan Gili Meno, lokasi ketiganya berbeda. Sampai saat ini, yang paling terkenal adalah Gili Trawangan. Disana kita gak boleh buang sampah sembarangan! Pulaunya bersih banget. Oia, Gili sama Lombok berada di pulau yang berbeda, Gili termasuk wilayah Lombok Utara. Jadi dari Lombok kita menggunakan perahu kecil untuk menyebrang. Kira-kira 15 menit, tergantung gelombang juga. Saking bersihnya kita dengan telanjang mata aja bisa melihat biota laut yang ada. Wah seru dan fun banget deh! Disana kita bisa snorkling atau diving.



Berada disana seperti berada di luar negeri  lho, saking bersihnya. Dan disana kita gak akan menemukan motor apalagi mobil. Gak ada kendaraan yang bermesin (selain perahu) yang di operasikan. So, gak ada polusi! Kita hanya diperbolehkan menggunakan sepeda atau cidomo. Sepeda kita bisa sewa disepanjang jalan di Gili Trawangan. Cidomo adalah kendaraan seperti delman. Hanya boleh menaikkan 3 penumpang. jadi 1 delman berpenumpang 4 orang termasuk kusir.
Ini namanya Cidomo..


Selain semua yang saya ceritakan, masih banyak lagi yang bisa kita nikmati di Lombok. Masih banyak sejumlah tempat wisata yang wajib dikunjungi dan berbagai makanan khas yang sulit ditemukan di wilayah lain Indonesia. Termasuk yang satu ini..


Ini namanya DODOL RUMPUT LAUT. Rasanya kenyal dan manis. Ada berbagai rasa dan bentuk. Camilan sehat dan bergizi. Mengandung 90% rumput lain. Kita semua tahu, rumpul laut baik untuk pencernaan dan kecantikan kulit. Makanan ini juga cocok untuk orang yang sedang diet.
Posting kali ini semoga bisa  membantu kalian mengenal lebih tentang Lombok. Dan siapa tahu bakalan ada yang ingin mengunjungi kesana. Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan, saran dan kritik yang membangun juga diterima. 
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian :)
Viel Spaβ.







2 komentar:

erynh mengatakan...

Pelecing? Hmmm, kalo diajak debat, cuma satu jawaban yang tepat : Pedesssh!

Fahmi mengatakan...

Lombok emang identik dengan masakan yang pedasnya luar biasa, untungnya saya senang makan masakan pedas :D

Posting Komentar