Jumat, 01 Januari 2016

OUT OF THE WOODS

Siapa yang tak kenal Taylor Swift ?

I love her so much. Gue suka lagu-lagu dari album RED dan cinta banget sama album 1989 nya cewek berbakat ini. Kombinasi yang unik. Wanita cantik, berbakat, cerdas dan penuh kejutan. Bukan cuma karirnya yang menginspirasi banyak orang, tapi dia juga pintar untuk mengolah rasa kecewa dan tanggapan orang kepadanya menjadi sebuah karya yang HEBAT. Sebut saja Shake It OffBlank Space, Bad Blood, Style dan sekarang paling baru dia mengeluarkan music video Out Of The Woods.

Dibuka dengan quote..


Cerita dari lagu ini seputar kisah cinta, dimana dua orang yang menjalaninya tidak yakin hubungan ini akan bertahan. Mereka tau hubungan ini lemah dan rapuh, banyak rintangan dan hambatan untuk dilanjutkan. Terlalu banyak kenangan yang mereka lalui. Tapi kenangan ini juga tidak bisa membuat mereka bertahan. Well, hubungan ini juga membuat seseorang diantaranya melakukan hal-hal yang bukan dirinya. Dia dalam menjalani ini perlahan kehilangan dirinya sendiri. 

Dalam video, digambarkan perempuan tersebut kehilangan dirinya. Ketika sendiri, dia merasa bahwa yang dia lalui selama ini menjauhkan dirinya dari dirinya sendiri. It's crazy. Dalam kebahagiaan yang dia lalui, dirinya perlahan berubah. Hal ini membuatnya berpikir, hal-hal yang selama ini menimpanya. Masalah perlahan datang. Dia tau dia akan menderita. Tapi dia membiarkan dirinya menderita. Pergumulan dalam hatinya dia gambarkan bagai menemukan hutan, yang dia tau jika dia memasukinya dia akan dikejar sesuatu yang buruk. Dan saat itu benar, dia mencoba berlari. Tapi sayang, sudah terlambat. Pada moment ini dia harus berusaha menyelamatkan dirinya.

Untuk menemukan dirinya sendiri ada harga yang harus dibayar. Dia harus rela dikejar masalah, harus bertahan dari dinginnya es, dan terjatuh lagi ke permasalahan yang lain, ke tempat yang tidak lebih baik dari sebelumnya. Ibarat jatuh dari tebing dan mendarat di laut, susah bernafas namun harus bertahan. Dan terus bertanya "are we in the clear yet?" Bukan akhir dari masalah, habis satu masalah, dia harus menghadapi masalah lain. Mencoba bertahan dan menemukan dirinya kembali. 

Dalam video ini, yang saya tangkap. kadang kita harus jatuh, takut, tenggelam, membeku dan tidak bisa berbuat apa-apa, malu seperti tercebur di lumpur dan kotor di hadapan orang-orang, harus berjuang untuk tetap hidup. Dalam hubungan ini juga ada keindahan, yang membuat kita bisa terus bertahan meski tidak saling memiliki lagi. 

Jatuh, terbalik, terjun, tenggelam, tercebur di lumpur adalah kiasan dari perjuangan yang harus dilakukan seseorang untuk kembali menata hidup. Terkadang kita baru meninggalkan sesuatu hanya jika kita terpuruk, benar-benar terpuruk. Dan ketika terpuruk kita mencoba untuk kembali ke pada sesuatu yang dulu kita tinggalkan. 

Cinta itu gila bagi beberapa orang, mungkin Taylor juga merasakan kegilaan dalam mencintai seseorang sehingga melupakan kebaikan untuk dirinya sendiri, sehingga dia menciptakan lagu ini.

Terakhir sebagai penutup video, dengan susah payah akhirnya dia berhasil menemukan dirinya.

Dalam pandangan saya, video ini mungkin tidak semenarik Blank Space, dimana ada cerita yang lucu, model yang ganteng dan akting Taylor yang gila. Tapi di video #OOTW ini punya banyak makna, lagu ini punya jiwa.

Silahkan masing-masing dari kalian menginterpretasikan sendiri lagu dan videonya .

Selamat Menonton :)


0 komentar:

Posting Komentar