Sabtu, 04 Juni 2011

Tertua, Terbesar dan Terkecil..

Hai guys, udah lama nih aku ga nge-Blog. Lagi sibuk kuliah, kuliah dan kuliah, hehehe. Bentar lagi ujian. Semoga dimudahkan dan dilancarkan. Amin.
Postingan kali ini berisi hewan dari yang tertua, terbesar dan terkecil. Itung-itung ngegerakkin jari lagi, udah lama gak posting something. Selamat membaca guys ;)

>> Hewan tertua Dunia ke 1

Pada tahun 2007, seekor siput bernama “MING” diambil dari dasar laut utara Islandia. Para ahli berusaha meneliti da memperkirakan umur siput tua ini. Sebenarnya usia siput cukup mudah diketahui daripada hewan lainnya karena setiap bertambah 1 tahun, lingkaran tempurung mereka bertambah sati. Diperkirakan “MING” telah berusia lebih dari 405 tahun. Sayangnya, “MING” keburu mati sebelum para pakar berhasil menentukan umurnya.

>> Hewan tertua di dunia yang ke 2

Predikat Hewan Tertua pernah disandang oleh seekor kura-kura yang diberi nama “HARRIET”. HARRIET hidup di kebun Binatang Australia di Beerwah. Sayangnya, pada tahun 2006 kemarin ia mati di usia ke 176 tahun. Diperkirakan, HARRIET dulunya diambil dari Kepulauan Galapagos pada tahun 1835 oleh Charles Darwin.

>> Hewan terbesar di dunia

Tubuh Paus Biru ( Balaenoptera musculus), panjangnya mencapai lebih dari 33 meter dan volume tubuhnya lebih dari 181 ton metrik. Itulah sebab, Paus Biru diyakini merupakan hewan terbesar yang pernah hidup di muka bumi ini. Selain memiliki ukuran tubuh terbesar, ia juga dinobatkan sebagai hewan yang suaranya paling keras. Suara Paus Biru lebih keras daripada suara motor Harley Davidson, bahkan lebih keras dari ledakan BOM ! Untunglah Paus Biru hidup di lautan sehingga suaranya tidak menganggu kita.

Saat ini Paus Biru telah di terancam punah akibat perburuan manusia yang membabi buta. Makanya, kita harus melindungi mereka dari ancaman kepunahannya !

>>  Hewan terkecil di dunia

Kelelawar mini ini diberi naman Kitti’s Hog Nosed Bat ( Craseonycteris thonglongyai ) untuk mengenang nama seorang biolog Thailand yaitu Kitti Thonglonglay. Kelelewar ini juga terkenal dengan sebutan Bumblebee Bat.

Ukuran tubuhnya hanya 30 milimeter saja dengan rentang sayap 13 sentimeter. Kelelawar jenis ini hanya bisa ditemukan di Taman Nasional Sai Yok Thailand dan sebagian daerah di Myanmar . Kelelawar adalah satu-satunya jenis mamalia yang bisa terbang, dan kelelawar hidung babi yang super mini ini tentunya menjadi hewan yang dilindungi kelestariannya.

Kalau kalian gak percaya, nih sumbernya sumber